Inilah Lukisan Pertama Didunia

Jumat, 26 Agustus 2011
Inilah Lukisan Pertama Didunia


Chauvet Cave atau Chauvet-Pont-d'Arc Cave adalah nama sebuah gua yang terletak di Prancis bagian selatan. Di gua tersebut terdapat beberapa lukisan yang, sejauh ini, di klaim sebagai lukisan tertua di dunia, di perkirakan berumur lebih dari 32.000 tahun. Hal ini membuktikan bahwa pada saat itu (zaman es) manusia sudah mengenal sebuah bentuk seni walaupun masih begitu sederhana.
Berdasarkan analisis perhitungan radio karbon, artefak-artefak tulang tersebut berasal dari 30.000 SM. Lukisan-lukisan dinding yang terlukis di dinding gua menggambarkan hewan-hewan seperti badak, singa, kucing liar besar dan mammoth. Terdapat 34 gambar lukisan mammoth yang dari kesemuanya 22 diukir di batu dan 13 buah dilukis di permukaan dinding.

Salah satu bagian serambi dinamakan Panel Singa, yang memiliki gambar berbagai macam hewan yang memenuhi dinding lorong. Lukisan-lukisan ini diperkirakan dilukis antara 25.000 SM-17.000 SM. Hewan-hewan tersebut antara lain 3 ekor singa besar dan beberapa yang lebih kecil, serta badak-badak. Lukisan ini memiliki bayangan, terutama pada bagian atas yang berlapis-lapis. Di bawah singa terdapat jejak-jejak pigmen merah dan garis dasar yang menggambarkan rusa. Diperkirakan lukisan berwarna dasar merah lebih dahulu diciptakan.



Sumber. all-mistery.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar